Yuk Kenali Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Wajib Anda Tahu

Tips Membeli Smartphone Bekas

Issa Site – Ponsel bekas tentu saja masih menjadi incaran bagi sebagian orang. Ponsel bekas pun sampai sekarang masih belum sepi peminat, hal ini dikarenakan memiliki harga yang relatif terjangkau dan juga saat ini pun banyak ditemukan di konter handphone ataupun forum jual beli di media sosial.

Akan tetapi terkadang membeli ponsel bekas memang beresiko bagi anda yang tidak tahu tips membeli smartphone bekas. Untuk itu, kali ini akan diulas bagaimana tips untuk membelinya agar anda tidak tertipu.

Tips Yang Wajib Untuk Anda Ketahui Sebelum Membeli Ponsel Bekas

Tips Membeli Smartphone Bekas

1. Dengan Mengecek Kelengkapan Smartphone

Hal yang bisa anda lakukan pertama kali sebelum membeli ponsel bekas adalah dengan mengecek terlebih dahulu kondisi dari kelengkapan ponsel yang akan anda beli. Anda bisa mulai mengeceknya dari ketersediannya kardus smartphone, charger hingga kartu garansi yang tersedia.

Jika anda menemukan terdapat beberapa kekurangan dari kelengkapan tersebut, maka anda pun bisa mensiasatinya dengan menawar smartphone bekas dengan harga lebih rendah.

2. Mengecek Harga Dan Menyiapkan Alat Sebelum Membeli Smartphone

Tentu saja, sebelum melakukan pembelian ponsel bekas tentu saja anda harus memahami tips membeli smartphone bekas yang benar. Untuk itu, sebagai langkah awal sebelum mulai membeli ponsel bekas adalah mencari harganya dulu malalui internet.

Kemudian anda pun bisa membandingkannya dengan harga yang ditawarkan ketika anda membeli ponsel. Hal ini ditujukan agar anda tidak mendapatkan harga yang lebih mahal.

Setelah anda selesai membandingkannya maka anda pun bisa mempersiapkan beberapa alat yang bisa anda gunakan untuk mencoba ponsel bekas tersebut ketika akan membelinya.

Anda bisa mempersiapkan seperti SIM Card yang masih aktif, earphone, powerbank, memori card yang akan mendukung anda untuk mencoba apakah ponsel bekas tersebut masih layak untuk digunakan.

3. Dengan Mengecek Bagian Software

Selanjutnya, anda pun bisa mengecek kelengkapan software ataupun aplikasi yang terdapat pada ponsel bekas anda. Sebelumnya, anda pun bisa memasang SIM Card anda yang masih aktif ataupun kartu memori eksternal anda.

Setelah itu, barulah anda bisa menghidupkan dan memperhatikan proses bootingnya. Sehingga hal ini nantinya akan menentukan apakah ponsel tersebut masih bisa digunakan atau tidak.

Untuk itu, tips membeli smartphone bekas yang perlu anda perhatikan adalah dengan memperhatikan proses bootingnya. Jika anda mendapati proses booting terlalu lama, maka hal itu dapat diartikan jika ponsel bekas tersebut terdapat masalah.

Tentu saja anda harus melakukan booting ulang atau bahkan menginstal ulang ponsel tersebut. Apabila tidak terdapat masalah dan ponsel tersebut dapat berjalan dengan normal, maka anda pun bisa melanjutkan pengecekan selanjutnya.

Anda bisa melakukan uji coba untuk panggilan telepon ataupun mengirim pesan untuk mengetahui kualitas dari ponsel bekas tersebut. Tak hanya itu saja, anda pun bisa juga dengan menyalakan musik, menancapkan earphone yang sebelumnya telah anda bawa, sehingga nantinya anda bisa memastikan bahwa semuanya telah berjalan dengan normal.

4. Dengan Menguji Aplikasi Dari Ponsel Bekas

Setelah itu, jika dirasa software awal mulai booting hingga pengecekan musik dan melakukan panggilan telepon dianggap telah normal, maka anda bisa melanjutkan dengan penegcekan aplikasinya.

Anda bisa menjalankan semua aplikasi yang ada di pponsel tersebut dan melihat performanya, apakah lemot atau tidak. Anda pun juga perlu mengecek kamera dan melihat hasil jepretannya apakah bagus atau tidak.

5. Dengan Mengecek Bagian Luar Ponsel

Dikutip dari media online Harapan Rakyat, untuk tips membeli smartphone bekas terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek bagian luar dari ponsel tersebut. Hal tersebut bisa anda lihat melalui ada tidaknya goresan di smartphone tersebut.

Selain itu anda juga bisa mengecek bagian luarnya mulai dari layar hingga casing dari ponsel bekas tersebut. Sehingga anda bisa memastikan tidak ada kecacatan yang fatal dari ponsel bekas sebelum anda membelinya.

Dengan membeli smartphone yang bekas tentu saja akan menguntungkan bagi anda jika anda memperhatikan terlebih dahulu dengan kualitas dari ponsel bekas yang akan anda beli tersebut.

Alih alih mendapatkan harga yang murah, anda malah melakukan servis besar besaran akibat ponsel bekas tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk itu, sebelum membelinya, anda perlu melakukan pengecekan agar mendapatkan ponsel bekas sesuai dengan harga yang didapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *