Proses Purifikasi Oli Pada Perawatan Trafo

jasa perawatan trafo

Issa Site – Anda pasti memahami bahwa peranan trafo sebagai penyalur tegangan listrik tinggi ke rendah dengan frekuensi yang konstan. Pada trafo terdapat oli trafo yang mana harus sesuai dengan standar PLN dan memiliki tahanan isolasi minimal yakni 30 kV/2,5 mm. Penggunaan oli trafo dalam waktu lama perlu maintenance. Anda akan bisa merawat oli trafo dengan menghubungi jasa perawatan trafo Sewatama.

Proses perawatan akan bisa mengembalikan tahanan isolasi kembali dan mencegah trafo dari meledak. Setidaknya, perawatan trafo ini harus dilakukan dalam waktu setahun sekali. Perawatan rutin bisa membuat oli bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama untuk suatu trafo. Anda penasaran bukan dengan bagaimana proses purifikasi dari oli trafo ini.

jasa perawatan trafo

Proses Purifikasi Oli Trafo

Saat oli digunakan dalam waktu yang lama sebagai isolator dalam trafo, maka performa akan mengalami penurunan akibat turunnya kualitas secara fisik, elektrik, dan juga komposisi secara kimia. Oli tersebut akan mengalami oksidasi dan juga kontaminasi. Oksidasi sudah pasti disebabkan oleh oksigen yang ada di udara dan pengaruh dari suhu tinggi saat oli berperan sebagai isolator, sehingga perlu purifikasi.

1. Pemanasan Oli

Tahapan dalam proses purifikasi oli trafo yang pertama adalah pemanasan oli. Tahapan ini dilakukan dalam pengaruh temperature yang stabil. Kegunaan dari pemanasan oli ini yakni untuk membuat pemisahan fase antara air dan minyak yang tidak sengaja tercampur selama proses penggunaan oli sebagai isolator trafo. Pemanasan akan menghasilkan uap air dan oli tetap berada pada fase cair.

Pemanasan ini tidak hanya untuk memisahkan uap air, melainkan juga untuk membuat asam menjadi terurai. Asam yang ada dalam oli trafo masuk dalam kategori kontaminan, sehingga bisa menghambat performa dari oli itu sendiri dan bisa menyebabkan korosi dalam waktu yang lama saat tidak dilakukan proses purifikasi oli trafo.

2. Pengkabutan Oli

Proses purifikasi oli trafo yang kedua yakni pengkabutan. Fase ini terjadi pemisahan oli dan uap air setelah proses pemanasan. Pemisahan kedua fase tersebut dilakukan dengan menggunakan tekanan vakum sebesar 0,8 bar.

3. Penyaringan Oli

Proses yang terakhir yaitu penyaringan. Anda akan bisa mendapatkan hasil akhir oli trafo dengan performa yang baik kembali. Hasil oli yang keluar dari pengkabutan akan disaring untuk memisahkan gelembung udara yang ada pada oli. Hasilnya berupa oli bersih akan ditransfer menuju ke trafo kembali.

Anda sudah memahami bukan proses purifikasi oli dan saat berminat untuk melakukan purifikasi oli, maka Anda bisa menghubungi kamu melalui akses website di https://sewatama.com/id/. Tindakan ini bisa membuat oli trafo lebih memiliki jangka waktu yang lama untuk dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *