Olah Raga Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

kalkulator berat badan ibu hamil

Issa Site – Demi kelancaran sang ibu dan bayi pada saat proses persalinan nanti, dibutuhkannya fisik seorang ibu yang sehat juga bertenaga. Agar mempunyai fisik yang kuat dan siap untuk menghadapi persalian, seorang ibu diwajibkan untuk melakukan aktivitas berolah raga yang aman semasa kehamilan berlangsung. Selama olah raga tersebut dilakukan dengan berhati-hati juga tepat dan sesuai dengan yang di anjurkan olah raga yang dilakukan akan tetap aman, terasa menyenangkan dan tentunya banyak manfaat yang akan didapatkan oleh sang Ibu, tidak hanya Ibu bahkan sang anak pun akan memiliki perkembangan yang kuat dan sehat nantinya, jika semasa di kandungan terjaga dan pola hidup Ibu yang baik. Maka dari ini, dalam hal menjaga anak sejak dalam kandungan memang sangat penting bagi pertumbuhan generasi anak yang baik. Untuk mengetahui selengkapnya olah raga seperti apakah yang tepat untuk di lakukan oleh seorang ibu hamil langsung saja mari simak ulasan berikut ini.

Mulailah berolah raga dari yang sederhana, mudah dan juga tidak begitu menuntut kegiatan fisik. Bagi ibu hamil yang sebelumnya belum memiliki rutinitas berolah raga, untuk memulainya pasti akan merasakan malas, maka dari itu lakukanlah olah raga ringan yang tanpa disadari pernah dilakukan di kehidupan sehari-hari, yaitu berjalan kaki. Walaupun terlihat sangat ringan, jalan kaki memiliki banyak manfaat yang dirasakan, karna saat berjalan kaki akan melatih kardio juga pernapasan dan tentunya berjalan kaki adalah olah raga yang aman bagi ibu hamil serta mudah dilakukan dimana saja juga kapan saja. Akan tetapi jika masa kandungan sudah semakin bertambah, ada baiknya ibu tidak berjalan kaki di jalan yang berlubang ataupun berbatu dan jangan lupa selalu menggunakan sepatu yang nyaman di kaki anda.

Olah raga yang aman satu ini, tidak memiliki tekanan beban yang berlebih pada persendiaan, yaitu olah raga renang. Renang memiliki daya apung yang menjadikan olah raga yang sangat cocok dilakukan untuk ibu hamil, gerakan yang dapat dilakukan di dalam air yang aman untuk ibu hamil adalah berenang, berjalan jalan didalam air bahkan aqua aerobics. Namun, sebelum berolah raga didalam air ada beberapa yang perlu di perhatikan oleh ibu hamil, yaitu perhatikan suhu yang ada di dalam kolam renang, hindari jika kolam renang memiliki suhu yang tinggi seperti kolam air hangat ataupun sauna agar ibu tidak merasakan kepanasan yang berlebih. Kemudian pada saat berada di kolam renang, usahakan untuk selalu menggunakan pegangan ataupun penyangga yang tersedia dikolam renang, hal ini merupakan antisipasi jika sewaktu waktu ibu hamil akan jatuh terpleset ataupun tergelincir. Dan terakhir hindari olah raga di dalam air yang terlalu ekstrim untuk ibu hamil, contohnya seperti loncat indah dan juga diving.

Selain yang telah disebutkan diatas, adapun beberapa olah raga lainnya yang aman di lakukan untuk ibu hamil. Diantaranya yaitu, berolah raga menggunakan sepeda statis secukupnya jangan berlebihan, melakukan yoga ataupun aerobik yang ringan, hindarilah pose yoga yang sulit bagi ibu hamil agar menghindari terjadinya cedera otot dan selalu konsultasikan kepada instruktur mengenai kemampuan olah raga ibu hamil. Terakhir, olah raga beban ringan, tetapi harus tetap memperhatikan keamanan anda saat berolah raga menggunakan alat beban, lakukan lah dengan ditemani pasangan atau orang terpercaya lainnya. Disarankan untuk selalu mengecek berat badan ibu hamil, agar anda dan pasangan dapat mengetahui bagaimana perkembangan ibu dengan bayi di dalam kandungan, anda dapat menggunakan kalkulator berat badan ibu hamil untuk mengetahuinya dengan mudah. Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *