Jangan Panik! Ini Dia Tanda Tanda Mau Melahirkan Sebentar Lagi

tanda tanda mau melahirkan sebentar lagi

Issa Site – Meskipun sudah mempunyai HPL (Hari Perkiraan Lahir), akan tetapi faktanya banyak ibu hamil yang melahirkan di luar hari perkiraan lahir tersebut. Maka dari itu, ibu hamil harus memperhatikan tanda tanda mau melahirkan sebentar lagi yang biasanya mulai terasa sebelum maupun sesudah HPL.

Tanda tanda mau melahirkan mungkin akan berbeda antara bumil satu dengan yang lainnya. Nah, bagi anda yang saat ini sedang mengandung sebaiknya anda mengetahui tanda tanda akan melahirkan berikut ini.

Tanda Tanda Mau Melahirkan Sebentar Lagi

tanda tanda mau melahirkan sebentar lagi

1. Sulit Tidur

Mengalami gangguan saat tidur malam dan merasa gelisah bisa menjadi tanda masa persalinan semakin dekat. Maka dari itu, ada baiknya anda mengusahakan untuk tidur di siang hari sebab ibu hamil tentu memerlukan tenaga saat persalinan berlangsung.

2. Lebih Sering Buang Air Kecil

Beberapa hari sebelum masa persalinan, bayi umumnya turun menuju rongga panggul ibu hamil. Kondisi ini bisa membuat rahim anda menekan kandung kemih dan menjadikan anda lebih sering buang air kecil daripada biasanya.

3. Perubahan Emosional

Umumnya ibu hamil akan lebih emosional beberapa pekan atau hari sebelum masa persalinan. Contohnya menjadi moody atau mudah marah seperti masa-masa akan datang bulan.

4. Rasa Nyeri atau Sakit

Rasa nyeri atau sakit juga merupakan tanda tanda mau melahirkan sebentar lagi. Sebelum masa persalinan, ibu hamil mungkin merasa kram atau nyeri di bagian perut, punggung maupun kram seperti nyeri yang terasa ketika mendekati datang bulan. Namun umumnya rasa nyeri ini lebih sakit dibandingkan nyeri biasa.

5. Air Ketuban Pecah

Tanda tanda akan melahirkan yang sudah diketahui oleh banyak orang yakni pecahnya air ketuban. Mayoritas ibu hamil akan merasakan kontraksi lebih dulu sebelum air ketubannya pecah. Namun ada pula yang mengalami pecah ketuban lebih dulu. Saat hal tersebut terjadi, umumnya masa persalinan akan segera berlangsung.

Demikian tanda tanda mau melahirkan sebentar lagi yang sebaiknya anda ketahui agar tidak semakin panik mendekati masa persalinan. Pastikan anda sudah mempersiapkan keperluan persalinan jauh-jauh hari untuk mengantisipasi jika persalinan terjadi lebih awal dari hari perkiraan lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *