Fungsi dan Manfaat Timbangan Digital

timbangan digital

Issa Site – Seperti yang diketahui bahwa timbangan merupakan alat yang sangat penting dalam dunia perniagaan yang digunakan untuk mengukur berat suatu benda. Seiiring perkembangan zaman, saat ini timbangan terus mengalami modernisasi baik dalam segi bentuk hingga sistem pengukuran. Dimana, timbangan  atau neraca tradisional dengan sistem perhitungan manual telah berevolusi menjadi timbangan dengan sistem kerja digital yang jauh lebih canggih dan modern. 

timbangan digital

Cara Kerja Timbangan Digital

Jika timbangan analog menggunakan pegas untuk menjukkan berat sesuatu benda, lain halnya dengan timbangan digital yang bekerja dengan menggunakan strain gauge load cell. Dimana, strain gauge ini merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur regangan suatu benda. Sementara load cell adalah sejenis transduser, yakni sebuah perangkat untuk mengubah suatu bentuk energi menjadi bentuk lain. Load cell ini juga bisa disebut sebagai sensor timbangan. 

Perlu diketahui bahwa sebenarnya timbangan ini memilki berbagai macam bentuk, ukuran, dan konfigurasi. Namun komponen dasar yang melakukan pengukuran paling akurat adalah load cell. Nah, pada timbangan digital, load cell berfungsi untuk mengubah gaya yang disebabkan oleh beban benda menjadi sinyal listrik. 

Pada saat anda meletakkan sebuah benda di atas timbangan, maka massa benda tersebut akan disalurkan secara merata pada piringan. Lalu pada bagian bawah timbangan, anda akan melihat empat buah penyangga yang terletak di setiap sudut piringan. Penyangga ini berfungsi untuk menyalurkan bobot benda secara merata. Kemudian gaya beban selanjutnya akan disalurkan pada salah satu bagian load cell. Bertambahnya berat benda akan menyebabkan load cell melengkung ke bawah. Selanjutnya, gaya beban akan mengubah starin gauge menjadi sinyal listrik. Ketika cell load mengukur perubahan tahanan kompresi, maka cell load akan menyalurkan sinyal tersebut ke CPU. 

Sinyal dijalankan melalui konverter ananlog ke digital, lalu melewati microchip untuk ‘menterjemahkan’ data. Setelah itu, akan muncul angka bobot barang yang anda timbang pada papan display yang berada di layar LCD. Dan angka tersebt merupakan hasil kalkukasi akhir.

Cara Memilih Timbangan Digital

timbangan digital

1. Perhatikan Apa Kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat akan membeli timbangan adalah pastikan timbangan yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan anda. Saat ini ada banyak jenis timbangan digital yang beredar di pasaran. Mulai dari timbangan untuk mengukur berat badan manusia/hewan, emas, hingga makanan. Bukan hanya itu, bentuk timbangan pun beranekaragam, mulai dari yang digantung, duduk, maupun yang diletakkan di atas lantai. Oleh karena itu, pastikan anda ketahui dahulu fungsi dan jenisnya, apakah sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak.

2. Perhatikan Kualitas Bahannya

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan ketika memilih timbangan digital adalah kualitas bahannya. Dalam hal ini, pastikan timbangan digital yang akan anda beli tersebut memiliki bahan dengan kualitas tinggi dan terbaik. Selain itu, pilihlah timbangan yang mudah digunakan.

3. Kapasitas Timbangan Lebih Besar Dari Kebutuhan

Salah faktor penyebab yang bisa membuat timbangan digital anda cepat rusak adalah beban yang ditimbang melebihi kapasitas dari timbangan itu sendiri. Maka dari itu, agar timbangan digital anda lebih awet dan tidak mudah rusak, maka sebaiknya memilih timbangan dengan kapasitasnya 50% lebih besar dari beban maksimal yang diukurya. Contohnya, jika berat maksimal benda yang akan anda timbang adalah sekitar 50 kg, maka pilihlah timbangan dengan kapasitas 100 kg. Bukan hanya itu, pilihlah permukaan (platform) timbangan yang lebih lebar dari ukuran benda yang akan ditimbang. Hal ini dimaksudkan guna menghindari terjadinya kerusakan, sehingga timbangan yang anda beli menjadi lebih awet. 

4. Pilihlah Timbangan Yang Sudah Terkalibrasi

Dalam hal ini, pastikan kalau timbangan yang anda beli sudah terkalibrasi. Hal ini tentunya sangat penting untuk diperhatikan agar timbangan digital anda tetap akurat. Dan biasanya timbangan yang sudah terkalibrasi itu memiliki segel atau stempel dari badan metrologi. 

5. Garansi

Garansi ini sangat pernting untuk anda perhatikan ketika membeli timbangan digital. Karena garansi ini menjadi salah satu indikator untuk melihat keaslian suatu produk. Selain itu, kartu garansi ini juga bisa digunakan untuk mempermudah proses perbaikan jika sewaktu-waktu timbangan digital anda mengalami masalah/rusak. Maka dari itu, pastikan kalau timbangan digital yang anda beli tersebut mendapatkan garansi dari distributor atau pabrik pembuatnya. Biasanya kartu garansi ini diletakkan di dalam boks produk.  

Cara Merawat Timbangan Digital 

* Pastikan baterai timbangan digital anda memiliki daya dengan cukup. Karena timbangan tidak akan bisa membaca dengan akurat kalau daya baterai lemah. 

* Timbangan digital ini tidak tahan air. Maka dari itu jangan disimpan di tempat yang lembab.

* Gunakan timbangan digital dalam permukaan yang datar.

* Tampilan angka bobot mungkin akan terpengaruh buat gangguan elektromagnetik dari peralatan elektronik lainnya yang beroperasi dekat dengan timbangan digital anda, seperti ponsel, tv, radio, microwave, dan lain sebagainya. Bila hal tersebut terjadi, maka pindahkanlah alat yang membuat gangguan dan matikan perangkat tersebut. 

* Berat benda yang melebihi ketentuan ukuran maksimal akan mengakibatkan timbangan digital sanggup menampilkan bobot barang dengan jelas. Maka dari itu, cepat kurangi barang yang lebih dari beban timbangan tersebut untuk melindungi dari kerusakan permanen.

Timbangan digital memiliki sensor halus, oleh karena itu jangan perlakukan kasar, guncangan dan getaran.

* Pastikan timbangan digital berada dalam suhu ruangan yang normal. Nah, kalau timbangan digital anda tidak disimpan di ruangan yang normal, maka tunggulah beberapa sat sebelum menggunakannya.

* Jangan menimbang dengan berat yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Karena hal ini dapat merusak ketahanan timbangan digital anda. 

* Matikan timbangan digital anda jika anda sudah tidak menggunakannya lagi karena timbangan dalam keadaan menyala terus menerus maka LOADCELL akan bekerja terus menerus pula.

* Bersihkan timbangan digital anda dari debu dan kotoran lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya pengeroposan pada timbangan digital anda. 

* Sebelum anda menggunakan timbangan digital ini, maka bacalah terlebih dahulu buku panduannya. Dengan menggunakan sesuai aturan bisa membuat timbangan digital anda lebih awet.  

* Supaya timbangan digital anda awet dan tidak mudah rusak, maka hindari meletakkan benda apapun di atas timbangan dalam waktu yang lama. Soalnya, hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada sensornya. 

* Berbeda dengan timbangan analog, timbangan digital ini membutuhkan baterai agar tetap berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, ganti baterai timbangan anda secara teratur, setidaknya 6 bulan sekali. 

* Sering-seringlah menimbang secara berkala. Karena hal tersebut akan membuat tingkat akurasi timbangan anda semkain baik. Maka dari itu, usahakan timbangan digital anda digunakan sedikitnya sehari sekali. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang seputar timbangan digital, semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *