Ciri Ciri Bayi Cerdas, Apa Saja?

ciri ciri bayi cerdas

Issa Site – Bagi orang tua, memiliki bayi yang cerdas adalah suatu kebanggaan tersendiri. Hal ini dikarenakan kecerdasan merupakan bekal yang teramat penting untuk anak saat bertumbuh hingga dewasa. Nah, perlu Anda ketahui bahwa kecerdasan bisa dilihat saat anak masih bayi dikarenakan ada beberapa ciri ciri bayi cerdas yang bisa dijadikan patokan.

Memang, ciri tersebut tidak bisa digunakan untuk mengukur kecerdasan bayi secara mutlak. Namun, adanya beberapa ciri tersebut bisa dijadikan pertanda bahwa bayi yang Anda miliki memang memiliki sebuah keistimewaan.

Lantas, apa saja ciri bayi cerdas yang dimaksud tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

ciri ciri bayi cerdas

Beberapa Ciri Bayi Cerdas

Ada beberapa ciri umum bayi cerdas yang bisa dijadikan patokan untuk menilai. Beberapa ciri yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melewati tahapan perkembangan yang lebih cepat

Salah satu ciri bayi cerdas adalah ia bisa melewati tahapan perkembangan yang lebih cepat dibandingkan dengan bayi lainnya. Misalnya, ketika bayi pada umumnya baru bisa duduk di usia ke 4 atau 5 bulan, bayi yang cerdas bisa duduk di usia 3 bulan. Hal serupa juga terjadi misalnya bayi sudah bisa mengucapkan beberapa kata dalam usia 10 bulan.

2. Memiliki fokus yang baik

Pada umumnya, bayi dan anak-anak dikenal memiliki rentang perhatian yang cenderung pendek dan terbatas. Misalnya, mereka hanya akan bertahan selama beberapa menit saja untuk melakukan sesuatu, terutama yang tidak mereka sukai.

Namun, jika Anda menemukan anak Anda memiliki fokus yang cenderung lebih baik, maka itu adalah tanda jika ia memiliki kecerdasan yang lebih. Sebagai contoh, ada anak berusia 5 tahun yang bisa fokus selama beberapa waktu tanpa terganggu memainkan balok kayu atau buku mereka.

3. Memiliki rasa penasaran tinggi

Rasa penasaran tinggi juga menjadi salah satu tanda bahwa Anda memiliki bayi yang cerdas. Umumnya, rasa penasaran ini akan bertumbuh terutama ketika ia sudah bisa berbicara dengan cukup jelas.

Rasa penasaran ditandai dengan kesukaannya untuk menanyakan beragam hal. Nah, dalam hal ini, Anda sebagai orang tua harus memberikan dukungan dengan cara memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang ditanyakan.

Beberapa ciri ciri bayi cerdas di atas tentu bisa menjadi tolak ukur yang sederhana. Namun, di samping ciri di atas, Anda sebagai orang tua memang sebaiknya senantiasa memberikan dorongan atau stimulan agar bayi Anda bisa tumbuh dengan lebih baik, terutama pada kecerdasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *