5 Penyebab dan Ciri-Ciri Konstipasi pada Anak

konstipasi pada anak

Issa Site – Salah satu masalah yang bisa terjadi pada anak yang sudah mulai makan adalah konstipasi. Sebuah masalah yang berhubungan dengan pencernaan pada anak. Konstipasi merupakan kondisi kesulitan buang air besar yang terjadi dalam dua minggu atau lebih. Berikut ini penyebab dan ciri-ciri konstipasi pada anak yang perlu diperhatikan agar bisa segera ditangani.

Penyebab Konstipasi

konstipasi pada anak

1. Perubahan Pola Makan

Masalah perubahan pola makan bisa menjadi penyebab anak mengalami konstipasi. Salah satunya karena kekurangan serat. Perubahan tekstur pada anak yang masih belajar MPASI, maka penting sekali untuk proses kenaikan teksturnya dilakukan bertahap.

2. Aktivitas yang Berbeda

Anak-anak masih sangat beradaptasi dengan berbagai aktivitasnya. Konstipasi bisa terjadi karena adanya rutinitas yang berbeda seperti melakukan perjalanan dalam waktu lama. Perubahan kondisi cuaca bisa menjadi penyebab konstipasi karena mempengaruhi aktivitas harian anak.

3. Konsumsi Obat atau Suplemen

Penyebab terjadinya konstipasi juga terjadi karena anak mengonsumsi obat atau suplemen secara berlebihan. Suplemen yang sebaiknya dihindari yang memiliki kandungan zat besi berlebihan.  Anda harus sangat hati-hati dalam memberikan vitamin juga agar tidak terjadi konstipasi pada anak.

4. Jumlah Bakteri Baik di Saluran Pencernaan

Ternyata kondisi bakteri baik yang kurang di dalam saluran pencernaan juga bisa menyebabkan konstipasi. Penting buat Anda memberikan nutrisi berupa makanan atau minuman dengan kandungan probiotik yang akan mencegah anak mengalami konstipasi.

Ciri-Ciri Konstipasi

  1. Kurangnya frekuensi buang air besar yaitu kurang dari 3 kali dalam seminggu melakukan buang air besar.
  2. Anak kesulitan buang air besar dan merasakan sakit saat melakukannya.
  3. Bentuk feses yang keras dan besar, sehingga sulit dikeluarkan.
  4. Keluarnya feses disertai dengan darah dan ini berlangsung lebih dari dua hari.
  5. Anak rewel saat akan buang air besar

Setelah mengetahui penyebab dan ciri-ciri konstipasi pada anak, Anda tentu bisa lebih waspada dan teliti dalam memilih makanan untuk anak. Apapun makanannya harus terjamin kebersihan dan komposisi nutrisinya juga harus lengkap. Makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tumbuh kembang anak ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *