5 Kuliner Enak Khas Surabaya, Yuk Coba!

rekomendasi tempat hangout Surabaya

Issa Site – Saat liburan ke Surabaya, Anda bisa loh menemukan banyak sekali rekomendasi tempat hangout Surabaya yang bisa dikunjungi saat liburan ke sana. Tentu saja, semua tempat hangout di Kota Pahlawan tersebut menawarkan fasilitas yang sangat lengkap pada pengunjungnya sehingga membuat hangout pun menjadi semakin menyenangkan, entah itu dilakukan bersama teman, pasangan, hingga keluarga.

Bahkan, yang menarik adalah beberapa tempat hangout-nya juga menyajikan kuliner tradisional khas Surabaya yang bisa Anda cicipi, berikut daftarnya:

rekomendasi tempat hangout Surabaya

1. Rujak cingur

Rasanya kurang pas bicara soal kuliner Surabaya kalau tidak membahas rujak cingur. Anda bisa temukan rujak cingur matengan yang semua bahan-bahannya dimasak, atau rujak cingur buah. Untuk rujak cingur matengan, di dalamnya ada lontong, kangkung, kecambah, tempe goreng, tahu goreng, dan cingur. Sedangkan untuk rujak cingur buah, Anda bisa temukan bengkoang, mangga muda, nanas, dan timun sebagai tambahannya.

2. Lontong balap

Di dalam seporsi lontong balap, Anda akan menemukan potongan lontong yang disajikan dengan kecambah, daging sapi, lento, dan tahu. Kemudian, semua bahan-bahan tersebut diberi siraman bumbu petis berwarna cokelat yang encer dan menyegarkan. Kalau Anda penggemar makanan pedas, Anda bisa tambah potongan cabe agar rasanya makin “nyegrak” di mulut. Wah, jadi semakin ngiler, ya?

3. Sate klopo (kelapa)

Penasaran ingin mencoba kelapa yang diolah jadi sate? Pastikan Anda mencicipi sate klopo atau sate kelapa saat pergi ke Surabaya nanti, ya! Sate ini terbuat dari daging sapi yang sudah diiris tipis-tipis, kemudian diberi lumuran kelapa dan dibakar. Jadi, sate klopo ini tidak dibalur dengan kecap sebelum dibakar seperti sate pada umumnya. Karena itu, sate klopo ini punya rasa gurih kelapa yang khas, yang menyatu dengan daging sehingga makin lezat.

4. Tahu tek (tahu telur)

Seperti namanya, kuliner khas Surabaya yang satu ini menggunakan tahu sebagai bahan utamanya. Kemudian, tahu dicampur dengan telur dan digoreng, baru kemudian dipotong-potong. Pada saat penyajian, potongan tahu telur tersebut diberi topping kecambah, kentang, dan siraman saus kacang pedas dan petis yang memang merupakan khas Surabaya. Anda bisa menyantapnya bersama dengan kerupuk agar semakin nikmat.

5. Tahu campur

Satu lagi kuliner khas Surabaya dari tahu yang perlu Anda cicipi adalah Tahu Campur. Di sini, potongan tahu goreng disajikan bersama dengan sayuran, lentho (perkedel ubi), daging, kecambah, petis, mie kuning, dan kuah kaldu daging yang segar. Aroma khas petis dan gurihnya kuah kaldu khas tahu campur ini pasti bisa membuat Anda ketagihan, loh!

Dari 5 makanan di atas, mana yang paling membuat Anda penasaran dan tak sabar ingin segera mencicipinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *