Polisi Bakal Periksa Kejiwaan Perempuan Bercadar Putih yang Gedor Rumah Warga di Lampung

Polda Lampung akan melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Nurhayati (40), seorang perempuan bercadar yang menggedor rumah warga di Kabupaten Pringsewu, Lampung. "Nanti kami akan lakukan pemeriksaan psikologi melalui biro SDM psikologi Polda Lampung," kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad kepada wartawan, Senin (16/5/2022). Pandra menuturkan bahwa Nurhayati kini telah dikembalikan kepada pihak keluarga seusai diperiksa.

Nurhayati dan pihak keluarga pun telah meminta maaf atas viralnya kasus tersebut. "Bahkan keluarga dan kepala desanya sudah hadir. Dia sudah buat pernyataan permohonan maaf atas peristiwa ini. Dan tidak akan mengulangi perbuatan," ungkap dia. Di sisi lain, Pandra menururkan pihaknya juga sedang menjadi perantara untuk menyelesaikan permasalahan terlilit utang pinjol Rp39 juta yang dialami Nurhayati.

"Tentunya polisi sebagai pelindung, pengayom masyarakat akan mejembatani dengan forum koordinasi pimpinan daerah. Aparat desanya, apa yang dilakukan Bulati dengan warganya yang mengalami permasalahan ekonomi seperti ini," katanya. Kombes Zahwani Pandra Arsyad pun mengungkap sosok Nurhayati (40). Nurhayati merupakan seorang petani yang tinggal di wilayah Kabupaten Pringsewu, Lampung.

"Itu adalah warga dari Kabupaten Pringsewu, Lampung. Namanya adalah Nurhayati bin Sarni. Dia anak ketiga dari enam bersaudara dalam keadaan masyarakat biasa biasa saja, pekerjaannya adalah petani. Usia 40an tahun," kata Pandra kepada wartawan, Senin (16/5/2022). Pandra menerangkan bahwa Nurhayati ternyata memiliki rumah tangga yang tidak harmonis. Dia bercerai dengan suaminya dan kini harus banting tulang membesarkan anaknya seorang diri.

"Dia pernah berumah tangga dan memiliki anak dan di tahun 2012 berpisah atau bercerai dengan suaminya. Dia menjadi tukang punggung keluarga. Dia single parent membesarkan anaknya," jelas Pandra. Singkat cerita, kata Pandra, ekonomi Nurhayati pun semakin sulit karena terdampak pandemi Covid 19. Bahkan, dia harus terlilit hutang Rp39 juta di 11 pinjaman online (pinjol) sekaligus.

"Di tengah pandemi Covid 19, dia mengalami kesulitan ekonomi sehingga melakukan pinjol. Bukan hanya 1 pinjol tapi 11 pinjol dengan total nilai Rp39 juta. Dari pinjol itu, yang sebagian besar dikategorikan sebagai pinjol ilegal. Dugaannya seperti itu," ungkap dia. Pandra menuturkan bahwa Nurhayati mendapatkan banyak ancaman karena terlilit utang pinjol. Itulah kenapa, dia kerap mendatangi rumah warga dan meminta uang.

Menurut Pandra, tidak ada satupun warga yang merasa terancam karena kehadiran Nurhayati. Justru banyak warga yang merasa iba dan memberikan uang kepada Nurhayati. "Hasil pemeriksaan, tidak ada satu pun warga merasa terintimidasi terhadap perilaku Nurhayati. Bahkan warga merasa iba dengan memberikan uang, ada yang Rp50 ribu. Warga tidak kenal siapa dia," kata dia.

Di sisi lain, Pandra menjelaskan bahwa Nurhayati telah memakai cadar sejak berpisah dengan sang suami. Dengan kata lain, pakaian itu ditegaskan tak ada hubungannya dengan modus menakuti warga. "Perlu diketahui, dia pakai pakaian tertutup serba putih itu, dia lakukan semenjak pisah sama suaminya. Jadi itu bukan modus untuk menakuti nakuti warga. Jadi tidak benar ada ancaman. Tidak terbukti adanya dugaan pidana. Tidak ada ancaman. Bahkan warga kasih dengan ikhlas," pungkasnya.

Sebagai informasi, sosok wanita bercadar mengenakan jubah serba putih sedang meminta minta sumbangan ke rumah warga viral di media sosial. Baru baru ini beredar sebuah video orang mengenakan pakaian serba putih ditambah berkacamata hitam meminta uang tanpa bicara ke rumah rumah warga di wilayah Kabupaten Pringsewu, Lampung. Video tersebut berawal diunggah oleh akun TikTok @mumtazua.

Video tersebut sudah ditonton lebih dari 23,5 juta views. Wanita itu mendatangi rumah warga untuk meminta uang, dan bahkan hingga tengah malam. Usai menerima uang, wanita berpakaian serba putih tersebut langsung pergi meninggalkan rumah yang sebelumnya ia gedor pintunya.

Akhirnya, polisi bertindak cepat untuk mencari sosok wanita bercadar putih tersebut. Dia pun telah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.