Momen Keakraban Anies & AHY hingga Senyum Semringah Puan saat Nonton Formula E

Balap mobil listrik Formula E di Jakarta International E Prix Circuit (JIEC) tak hanya dihadiri oleh para pecinta otomotif tanah air. Para pejabat negara hingga Ketua Umum Partai Politik turut menyaksikan Formula E. Seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyempatkan hadir Jakarta International E Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Sambutan hangat pun diberikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada putra sulung Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini. Di sisi lain, keberhasilan Anies menyelenggarakan Formula E pun diapresiasi oleh AHY. "Ini kebanggaan kita, Jakarta dan Indonesia menjadi tuan rumah Formula E. Ini negara pertama (yang gelar Formula E) di Asia Tenggara," ucapnya saat ditemui di JIEC, Sabtu (4/6/2022).

Ia pun berharap, Jakarta bisa semakin mendunia dan nama baik Indonesia semakin harum dengan penyelenggaraan Formula E ini. "Ini membawa kebanggaan bagi kita semua, sekaligus bagus untuk mempromosikan Indonesia dan memperkenalkan Jakarta kepada dunia," ujarnya. Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra dalam keterangan tertulisnya mengatakan, AHY memang saat ini sangat menaruh perhatian lebih terhadap transisi energi bersih.

"Ketum AHY selama ini dikenal menaruh perhatian khusus terhadap energi baru dan terbarukan (EBT) termasuk mobil listrik," kata dia. Oleh sebab itu, ia bersyukur, gelaran Jakarta E Prix bisa berlangsung sukses dan disambut antusias masyarakat. Ia pun berharap, ajang Formula E bisa menjadi tolak balik percepatan transisi energi terbarukan.

"Event internasional Formula E ini sebagai salah satu bentuk pencapaian untuk transisi energi bersih yang lebih cepat," tuturnya. Ketua DPR RI Puan Maharani tampak semringah saat menyaksikan balap mobil listrik Formula E di Jakarta International E Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. Hal ini terungkap dari unggahan di media sosial instagram miliknya (@puanmaharani).

Dalam beberapa foto yang diunggahnya, Puan tampak diapit oleh Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Jokowi duduk di sisi kiri Puan, sedangkan Anies di sebelah kanannya. Politikus PDIP lun terlihat duduk sejajar dengan Ketua IMI Bambang Soesatyo, Ketua Pelaksana Jakarta E Prix Sahroni, dan perwakilan FEO Alberto Longo.

Wajah Puan terlihat sumringah saat ngobrol dengan orang nomor satu di DKI itu. Tak hanya itu, ia pun terlihat sangat antusias saat berada di atas podium merayakan selebrasi kemenangan bersama tiga pembalap yang berhasil finish terdepan. Puan tampak mengambil merekam momen tersebut dengan ponselnya, termasuk saat bersalaman dengan para pemenang.

"Sore tadi saya memenuhi undangan pak Anies Baswedan menonton balap Formula E di Ancol," tulisnya dalam unggahan itu, Sabtu (4/6/2022). Ia pun menyebut, kesempatannya menonton Formula E merupakan pengalaman baru bagi dirinya. Pasalnya, balap mobil atau motor selalu identik dengan bisingnya suara knalpot kendaraan.

"Hiburan dan pengalaman baru ini benar benar beda karena suara mobil balap listrik ini tidak terlalu bising seperti mobil balap lainnya," ujarnya. Ia pun berharap, keberhasilan penyelenggaraan Formula E ini bisa semakin meningkatkan citra positif Indonesia di mata dunia. "Lewat event Formula E ini, kita ikut berperan mengkampanyekan inovasi kendaraan ramah lingkungan dan penggunaan energi berkelanjutan," tuturnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan secara langsung ajang balap Formula E Jakarta, di Jakarta International E Prix Circuit (JIEC), Ancol, Sabtu, (4/6/2022). Usai balapan, Jokowi bersyukur ajang balap Formula E berjalan lancar. Menurut Presiden Formula E merupakan event masa depan.

“Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang banyak nanti ke pemakai mobik listrik,” kata Jokowi. Presiden mengatakan ajang Formula E, nantinya akan banyak digemari. Hal tersebut sangatlah bagus mengingat Indonesia akan membangun ekosistem mobil listrik.

“Mulai dari nikel raw material, smelter, industri lithium baterai kemudian mobil listriknya,” katanya. Menurut Presiden teknologi yang ditunjukkan dalam ajang balap Formula E akan menuju ke arah teknologi yang ramah lingkungan. “Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan,” pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) naik ke atas panggung penyerahan piala Formula E Jakarta, di Jakarta International E Prix Circuit (JIEC), Ancol, Sabtu, (4/6/2022). Mengenakan kaos putih lengan panjang, Jokowi menyerahkan piala kepada juara pertama Formula E Jakarta, Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing. Jokowi mengangkat piala terlebih dahulu sebelum menyerahkannya.

Jokowi lalu menyalami para pembalap yang naik ke podium di antaranya Jean Eric Vergne dari DS Techeetah dan Edoardo Mortara ROKiT Venturi Racing. Sebelumnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan juga menyerahkan piala kepada Director Jaguar TCS Racing, James Barclay. Ketua MPR yang juga Ketua IMI, Bambang Soesatyo dan Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee/ OC) Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menyerahkan piala kepada pembalap lainnya yang naik ke podium.