8.527 Pemudik Kembali menuju Pulau Jawa Melalui Pelabuhan Panjang Arus Balik Lebaran

Sebanyak 8.527 pemudik menggunakan jalur alternatif Pelabuhan Panjang, BandarLampung untuk kembali ke Pulau Jawa selama selama empat hari pasca lebaran (H+2 hingga H+5). Hal itu sesuai data yang dirilis oleh manajemen Pelabuhan Panjang per 7 Mei 2022. Diketahui, jadwal kapal kedua yang akan mengangkut pemudik dijadwalkan akan bersandar pukul 14:00 WIB.

Sedangkan untuk kapal pertama, telah menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten pada pukul 11.00 WIB. Andreas, seorang pemudik yang akan kembali ke Pulau Jawa mengaku, dirinya memilih Pelabuhan Panjang karena tidak macet. "Iya kalo lewat Bakauheni macet kita lihat dari media kemarin," kata Andreas, di Pelabuhan Panjang.

Dia mengaku untuk pembelian tiket di Pelabuhan Panjang juga cukup mudah, bisa online bisa offline di Pelabuhan Panjang itu sendiri. "Bisa online, bisa offline. kalo saya beli online. Jadi pas dateng tinggal registrasi aja," kata Andreas. Sementara, kapal yang telah disediakan untuk mengangkut pemudik, yakni sebanyak 8 unit kapal.

KMP Ciremai, KMP Titian Nusantara, KMP Kumala, KMP Mutiara Berkah I, KM Panoraman Nusantara, KM Mutiara Ferinfo VII, KM Ciremai dan satu kapal yang lain.